10 Tips Mempersiapkan Pernikahan agar Berkesan dan Tidak Mahal

Bagi perempuan pada khususnya pernikahan adalah sebuah peristiwa yang akan mendatangkan pengalaman terbesar dalam hidupnya. Sebab setidaknya perayaan pernikahan hanya dilakukan sekali dalam hidupnya. Karenanya kesan yang mendalam pasti diinginkan oleh kaum perempuan di mana saja dari perayaan pernikahannya. Demikianlah  mengapa jika sampai urusan yang sangat mendetail, perempuan sangat memperhatikannya dalam persiapan perayaan pernikahan.


Apakah persiapan yang matang dan mendetail selalu tentang biaya dan dana yang besar agar mendapatkan perayaan pernikahan yang berkesan mendalam? Tentu saja tidak.



Membuat sebuah pernikahan yang berkesan, tidak selalu musti tentang dana yang besar. Pernikahan yang berkesan mendalam namun tetap sederhana dalam pembiayaan bisa tetap anda dapatkan. Nah, silahkan beberapa tips detail berikut yang kami kopikan dari http://liveolive.com/post/view/663-10-tips-mempersiapkan-pernikahan-hemat-dan-berkesan:

10. Kreatiflah membuat souvenir

Sama seperti undangan, jika Anda memang kreatif sangat disarankan untuk membuat souvenir sendiri.

09. Berkreasilah saat membuat undangan

Luangkan waktu jauh-jauh hari sebelum acara untuk mencoba membuat undangan yang manis dan kreatif hasil kerja Anda dan pasangan. Anda juga bisa memanfaatkan jejaring sosial dengan cara yang unik untuk menyebar undangan. Percaya deh, LiveOlivers, saat tamu-tamu sudah membaca undangan dan tahu detail pernikahan Anda --lokasi, waktu dan tempat-- maka tong sampahlah yang akan menampungnya.

08. Ajak sahabat berpartisipasi

Untuk memeriahkan acara, Anda bisa meminta sahabat-sahabat dekat untuk bernyanyi saat resepsi. Selain berkesan akrab, ini juga memangkas anggaran Anda untuk pengisi acara.

07. Pilih persiapan pernikahan dalam bentuk paket

Saat Anda memilih gedung, biasanya mereka akan menawarkan paket-paket pernikahan dalam bentuk all-in-one. Pilih paket yang sudah mencakup katering, dekorasi, photo, pakaian pengantin dan tata rias.

06. Belanja baju pernikahan jauh hari

Beli bahan pakaian untuk baju pernikahan antara bulan Maret dan Juni, karena pada bulan-bulan tersebut harga bahan sedang turun. Hindari membeli bahan menjelang hari besar karena Anda akan mendapatkan harga yang cukup tinggi.

05. Lakukan rangkaian prosesi acara dalam satu hari saja. 

Anda bisa melangsungkan akad nikah dan resepsi pada jam yang berurutan untuk menghindari biaya tak terduga.

04. Segera tentukan jumlah undangan

Pikirkan orang-orang yang Anda harapkan hadir di pernikahan Anda. Jika memang keluarga dan sahabat dekat saja, katering bisa dilakukan sendiri atau dengan melibatkan rekan-rekan dan keluarga.

03. Tentukan lokasi pernikahan

Jika Anda berencana melangsungkan acara pernikahan di rumah, itu artinya Anda bisa melakukan penghematan biaya sewa gedung. Namun, jika Anda akan mengadakan pesta pernikahan di gedung, sebaiknya pilih yang kapasitasnya sesuai dengan jumlah undangan.

02. Buat daftar harga dan anggaran biaya

Hal tersebut agar Anda bisa lebih fleksibel dalam memilih apa saja yang dibutuhkan saat pesta pernikahan. Anda juga tidak perlu memaksakan diri untuk membeli hal-hal yang bersifat hanya sebagai pelengkap.

01. Rencakan dengan keluarga

Saat sudah memutuskan untuk melangsungkan pernikahan, segera diskusikan rencana tersebut dengan keluarga. Tidak ada salahnya untuk jujur dengan anggaran yang Anda dan pasangan miliki. Siapa tahu ada anggota keluarga yang bisa bantu memecahkan masalah yang Anda hadapi, misalnya punya kenalan pihak katering, photographer, pembuat undangan atau lokasi yang bisa memudahkan sekaligus mengirit biaya.


3 Komentar:

  1. Blogging is the new poetry. I find it wonderful and amazing in many ways.

    BalasHapus
  2. Very interesting blog. A lot of blogs I see these days don't really provide anything that attract others, but I'm most definitely interested in this one. Just thought that I would post and let you know.

    BalasHapus