Tips Memilih Katering Pernikahan Terbaik dan Murah

Bisa jadi proses memilih jasa mana dari katering pernikahan adalah bagian yang seru dari semua tahap-tahap membuat persiapan pernikahan. Konon bisa makan gratis dengan banyak. Bisa mencicipi menu yang lezat-lezat semau kita. He..he.


Memilih katering pernikahan juga bisa dikatakan sebagai hal yang sangat penting karena di sinilah 60 hingga 70 persen biaya pernikahan dikeluarkan. So, memilih jasa perusahaan katering pernikahan haruslah cerdas dan smart agar anggaran pernikahan tidak sia-sia dengan mendapatkan jasa katering yang buruk.

Nah, Anugerah Hilya ingin berbagi beberapa tips penting bagi anda yang mungkin sedang sedikit bingung dalam memilih jasa katering pernikahan.

1. Tentukan Budget / Anggaran biaya

Adalah hal yang sangat-sangat penting dan krusial menentukan berapa besarnya anggaran dana untuk dikeluarkan dalam memberi pelayanan pada para tamu dalam hal makanan. Setidaknya seperti ini:
  • Di atas 100,000/orang: Mahal Sekali
  • Senilai 60,000/orang: Mahal
  • Dari 40,000 hingga 60,000/orang: Menengah
  • Kurang 40,000/orang: Murah
Jangan lupa, ini baru harga buffet, masih ada gubukan. Gubukan itu harganya bisa lebih mahal. Sepiring kecil somay isi 3 itu, bisa loh dihargain 25,000! Harga gubukan sangat beragam, katering kelas sedang bisa ngasih harga 13-21 ribu, sedangkan kelas murah biasanya sih bisa dinegosiasi dan harganya bisa lebih murah dari itu. Harga menentukan kualitas kelezatan makanan. Semakin makin mahal maka biasanya makin enak, penampilan bagus, dan terlihat lebih profesional.

2. Tentukan jumlah tamu

Jumlah tamu sebagai faktor pengali harga juga penting. Harga yang disebut di atas, mau dikali berapa orang? 600 orang? 1,000 orang? 2,000 orang? Cara menghitung jumlah tamu adalah jumlah undangan dikali 2. Artinya kalau undangan kita hanya 300, berarti harus hitung katering untuk 600 orang.

4. Cari katering setelah dapat gedung

Harga katering bisa bergantung sama pilihan gedung, karena setiap gedung memberikan charge berbeda-beda ke katering. Apalagi kalau belum rekanan. Jadi usahakan kita cepet cari gedung dulu, baru cari katering, supaya harganya sesuai dengan gedung yang kita pilih.

Atau kalau memang belum bisa pasti banget gedungnya, minimal kita punya target utama pilihan gedung. Nanti gedung ini akan ditanya sama katering ketika mereka mau membuatkan daftar penawaran harga.

5. Buat daftar katering pilihan

Dengan menyesuaikan anggaran dana yang kita miliki dan kelas katering yang kita pilih, kita buat daftar katering yang kemungkinan cocok. Mana saja katering dengan kelas Mahal, Menengah dan yang murah. Jangan lupa untuk menghubungi mereka guna mendapat konfirmasi harga. Dapatkan harga dengan menyesuaikan jumlah tamu yang akan datang dan di lokasi mana resepsi akan di adakan. Biasanya pengusaha katering akan memberikan penawaran lalu akan mengundang kita untuk mencicipi menu meraka.

6. Mencicipi Menu Katering

Dan inilah asiknya. Biasanya setelah kita tanya-tanya harga ke katering, kita akan diundang untuk test food. Katering-katering top dan terkenal malahan mau loh nganter makanan ke rumah. Kita bisa sesuaikan jadwal makanan test food itu datang dengan rapat keluarga. Jadi enak rapat keluarga nya bisa sambil mencicipi makanan katering.  Catat dan beri komentarlah lah menu-menu yang telah dicicipi agar nanti memudahkan dalam memilih menu. Bisa juga test menu ini dilakukan beberapa kali tentu sesuai kebijakan perusahan katering  untuk melihat konsistensi mereka.

7. Katering saja atau paket lengkap?

Setiap katering umumnya punya vendor-vendor rekanan. Vendornya pun bisa lengkap selengkap-lengkapnya. Ada dekorasi, rias dan busana, entertainment, MC, semua deh ada di situ. Kita bisa milih vendor itu sesuai dengan pilihan rekanan mereka, atau bisa juga cari di luar rekanan. Buat teman-teman yang sibuk dan ngga punya waktu banyak, paket lengkap bisa jadi solusi. Kita ngga usah pusing mikir ini itu cari dimana, hubungi siapa. Tinggal nanya rekomendasi dari yang punya katering. Umumnya kalau paket lengkap gitu, harganya lebih murah.

Kalau memang kita mau milih paket lengkap, kita harus survei juga vendor lainnya. Sekalian pas lagi test food. Misal dekorasi rapi atau ngga, riasnya pakai sanggar apa hasilnya gimana, MC nya oke atau ngga, musiknya bagus atau jelek, dan sebagainya. Ini yang kadang suka ngga diperhatiin sama para calon pengantin.

Alokasi Makanan

Bagaimana kalau anggaran dana katering pernikahan yang kita miliki dalam jmlah yang pas-pasan? Smart dan cerdaslah misalnya makanan buffet kita pesan 80% jumlah tamu, sisanya bisa alokasikan ke menu gubukan.Jika jumlah tamu yang direncakan adalah 600 orang, maka bisa pesan makanan 480 - 500 porsi buffet. Sebab tidak semua tamu mengambil makanan buffet. Kalau makan pun biasanya dalam jumlah sedikit.

Sisa budget bisa kita alokasikan ke menu gubukan. Satu gubukan biasanya untuk 200 porsi, bisa kita tambahkan atau kurangi, sesuai dengan jumlah tamu. Jumlah buffet juga tergantung selera. Ada yang 8 gubukan, atau bahkan cuma 4 gubukan. Kalau gubukan ada 8 x masing-masing 200 porsi, berarti kita punya 1,600 porsi gubukan.

Pilihan menu makanan

Kalau dana yang anda miliki mepet, kira-kira hanya bisa bayar gubukan sedikit, silakhan dengan pilih-pilih  menu gubukan. Pilih saja makanan yang bikin cepat kenyang, semisal lontong sayur, soto padang, sate ayam, nasi bali, gudeg, dan sebagainya.

Pemilihan menu gubukan juga harus disesuaikan dengan tema dan harga. Tema adat minang, pilihlan makanan-makanan minang, begitupun adat lainnya. Untuk tema pernikahan internasional, jangan lupa agar menyertakan menu pasta, agar lebih greget. Paling mudah tentu adalah memilih makanan untuk tema nasional. Lebih leluasa dengan masakan indonesia. Harga juga harus kita perhitungkan, makanan internasional biasanya lebih mahal, misalnya bebek peking, pasta, dimsum, sushi, steamboat, dan sejenisnya. Menu murah misalnya es-es an, kayak es krim, es doger, es cincau, dan sejenisnya, bisa cuma Rp 6,500 atau lebih murah. Tapi ya balik lagi, harga tergantung katering nya kelas apa.

Untuk pemilihan menu makanan dan alokasi makanan, biasanya ketring lebih pinter ngaturnya. Kita bisa konsultasi sama mereka, sebaiknya diatur seperti apa.

Pilih catering yang mudah dihubungi

Usahakan bisa mendapatkan nomor kontak pemilik katering. Perusahaan katering besar biasanya memiliki divisi marketing. Sebagian menganggap bisa bikin tidak nyaman. Jika anda mendapati bagian marketing yang tidak oke, harga bisa mengecewakan. Akan tetapi pada dasarnya, dapatkan informasi harga yang jujur, mudah dihubungi, dan dengan pelayanan yang baik.

2 Komentar:

  1. Very informative, keep posting such good articles, it really helps to know about things.

    BalasHapus